Senin, 20 Maret 2017

   MANFAAT BUAH - BUAHAN

Buah-buahan merupakan makanan alami yang memiliki kandungan vitamin, gizi, dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari. Mengkonsumsi buah dapat mengoptimalkan kesehatan anda dalam jangka panjang juga menjaga dan meningkatkan energi anda.

Dengan jadwal kita sehari-hari yang padat berpengaruh terhadap pola makan kita. Banyak diantara kita lebih memilih makan siap saji dan makanan dengan pengawet dibandingkan dengan makanan segar dan sehat.

Buah-buahan yang sering kita temui sehari-hari akan saya bahas di sini beserta manfaatnya. Berikut penjelasannya :

1. Manfaat Buah Alpukat

        Buah alpukat mengandung lemak sehat oleat (omega-9), vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, zat besi, tembaga, kalium, serat, dan asam solfat. Buah alpukat kaya akan manfaat dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Buah alpukat bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mengatur kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, mencegah kanker, menambah berat badan dan juga bagus untuk kesehatan mata.

2. Manfaat Buah Anggur

        Buah anggur mengandung vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin K, asam galat, glukosida, mangan, zat besi, dan kalsium. Buah anggur terdapat senyawa lain seperti zat polifenol dan resveratol yang dikenal sebagai antioksidan.

Buah anggur bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, prostat, dan usus besar. Selain itu buah anggur juga dapat menurunkan resiko stroke, mengontrol gula darah, menyehatkan ginjal dan pencernaan. Kandungan lain buah anggur juga dimanfaatkan untuk antioksidan dan anti mikroba.

3. Manfaat Buah Apel

        Buah apel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C. kandungan serat pada buah apel dapat membuat kenyang lebih lama pada lambung kita, sehingga buah apel ini cocok untuk diet dan selain itu aman untuk usus kita.

Buah apel selain membantu kerja usus halus juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi resiko gangguan pernapasan, mengontrol gula dalam darah, mengatasi masalah osteoporosis, membantu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolesterol, mengatasi diare, serta menyehatkan jantung.

4. Manfaat Buah Asam

        Buah asam mengandung kalsium, fosfor, asam nitrat, asam malat, dan asam pipekolat. Buah asam bermanfaat untuk mengobati sariawan.

Manfaat buah asam yang lain yaitu untuk meningkatkan nafsu makan, membantu fungsi organ pencernaan, membantu mengatur kadar kolesterol dan trigliserida, dan juga untuk mengatasi sembelit.

5. Manfaat Buah Arbei

        Buah arbei mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, kalsium, dan fosfor. Buah arbei juga memiliki kandungan saponin berupa glikosida, favonoida, polofenol serta memiliki antibakteri.

Buah arbei bermanfaat untuk mengobati sariawan, untuk meringankan gejala diare, membantu melawan kanker, sebagai obat tifus dan dapat digunakan untuk mengobati maag.

6. Manfaat Buah Belimbing

        Buah belimbing mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, niacin, fosfor, zat besi, kalori, protein, lemak, karbohisrat, serat dan juga kalsium. Buah belimbing bersifat antioksidan dan juga seratnya berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Buah belimbing dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hipertensi, menurunkan kadar kolesterol. Melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, mengatasi gangguan hati, dan sebagai antioksidan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar